Minggu, 25 Januari 2009

BAB 10

E-COMMERCE : PASAR DIGITAL, BARANG DIGITAL

1. Fitur-Fitur yang Unik dari E-Commerce, Pasar Digital, Barang Digital
E-Commerce berkenaan dengan transaksi komersial digital di antara berbagai organisasi dan perorangan. Terdapat tujuh kelebihan dari teknologi e-commerce :
• Teknologi e-commerce ada di mana-mana , yang berarti teknologi ini tersedia di mana saja selama sebuah computer dapat terhuhung ke internet.
• Teknologi ini diterapkan secara global, memungkinkan transaksi komersial melewati batas negara dan budaya dengan jauh lebih nyaman dan dengan biaya yang lebih efektif dari pada dalam kerangka perdagangan yang tradisional.
• Teknologi ini dioperasikan dengan standar universal yang digunakan oleh semua negara di dunia, sementara sebagian besar teknologi perdagangan yang tradisional berbeda dari satu ke negara lainnya.
• Teknologi ini menjadikan informasi lebih kaya, memungkinkan penjual online menyampaikan pesannya kepada audiens yang beraneka ragam dan memperkaya isi pesan pemasarannya dengan teks, video, dan audio, suatu cara yang tidak mungkin digunakan dalam teknologi perdagangan yang tradisional, seperti radio, televisi, atau majalah.
• Teknologi e-commerce sifatnya interaktif , yang berarti memungkinkan komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli dan memungkinkan penjual menghadapi pembeli sepertu layaknya pengalaman tatap muka. Tetapi jauh lebih banyak dan dalam skala global.
• Teknologi ini menigkatkan kepadatan informasi (jumlah dan kualitas informasi yang tersedia untuk semua partisipan pasar).
• Teknologi ini membuat personalisasi dan penyesuaian, dapat dilakukan penjual dengan mengarahkan pesan pemasaran kepada orang-orang tertentu dengan menyesuaikan pesan dengan namanya, minatnya, dan pembeliannya di waktu yang lalu.
2. Teknologi Internet telah Mengubah Proposisi Nilai dan Model Bisnis
Internet secara radikal mengurangi biaya pembuatan, pengiriman, penyimpanan informasi sementara membuat informasi tersebut semakin tersedia. Informasi tidak terbatas pada metode pengiriman fisik yang tradisional. Terlepasnya informasi dari salura-saluran rantai nilai yang tradisional memberikan pengaruh yang cukup mengganganggu pada model bisnis yang lama, dan menghasilkan model bisnis yang baru. Beberapa saluran tradisional untuk mempertukarkan informasi barang telah menjadi tidak diperlukan atau tidak ekonomis lagi, dan model-model bisnis yang didasarkan pada penggandaan informasi produk dan layanan mungkin tidak lagi diperlukan.
Internet dapat membantu perusahaan menciptakan dan mendapatkan keuntungan dengan cara-cara baru dengan menambahkan nilai pada produk dan layanan yang ada, atau dengan menyediakan fondasi bagi produk dan layanan baru. Banyak model bisnis yang berbeda untuk e-commerce di internet telah bermunculan, termasuk toko virtual, perantara informasi, perantara transaksi, ruang pasar internet, penyedia isi, penyedia layanan online, komunitas virtual dan portal.

3. Jenis-Jenis E-Commerce dan E-Commerce telah Mengubah cara Menjual dan Transaksi Bisnis ke Bisnis.
Tiga jenis e-Commerce yang utama adalah :
• Bisnis ke konsumen ( B2C )
• Bisnis ke bisnis ( B2B )
• Konsumen ke konsumen ( C2C )
Internet memberikan serangkaian teknologi yang tersedia secara universal untuk e-commerce yang dapat digunakan untuk menciptakan saluran-saluran baru untuk pemasaran, penjualan, dukungan pelanggan dan untuk menghilangkan perantara dalam transaksi jual beli. Kemampuan interaktif di web dapat digunakan untuk membangun sebuah hubungan yang lebih erat dengan pelanggan dalam pemasaran dan dukungan pelanggan. Teknologi yang menghasilkan informasi dan iklan yang telah dipersonalisasi dapat melalui saluran m-commerce. Jadi pereusahaan dapat mengurangi biaya dan meningkatkan layanan konsumen menggunakan situs web, juga termasuk e-mail dan bahkan akses telepon ke pusat layanan konsumen, untuk menyediakan informasi yang bermanfaat.

4. Peranan M-Commerce dalam Bisnis dan Mejelaskan Aplikasi-Aplikasi M-Commerce yang Penting
M-Commerce menggunakan internet dalam pembaelian produk dan layanan selainjuga menyampaikan pesan menggunakan perangkat mobile nirkabel. M-commerce sesuai dengan aplikasi berbasir lokasi, sepertu mencari hotel dan restoran setempat mengamati lalu lintas dan cuaca lokal, dan menyediakan personalisasi pemasaran berdasarkan lokasi. Telepon mobile dan perangkat genggam dapat digunakan untuk membayar tagihan melakukan aktivitas perbankan, berdagang saham, mengetahui jadwal transportasi terkini, dan mengunduh muatan digital, seperti musik, permainan dan video klip.

5. Beberapa Sistem Pembayaran Utama unutk E-Commerce
Sistem-sistem pembayaran elektronik yang mendasar untuk e-commerce adalah sistem pembayaran kartu kredit digital, dompet digital, sistem pembayaran digital dengan saldo terakumulasi, sistem pembayaran nilai tersimpan, uang tunai digital, sistem pembayaran rekan ke rekan, cek digital, dan sistem pembayaran dan penyampaian tagihan elektronik. Sistem saldo yang terakumulasi, sistem nilai tersimpan (termasuk kartu pintar), dan uang tunai digital bermanfaat untuk pembayaran mikro yang kecil.

Tidak ada komentar: