Minggu, 25 Januari 2009

BAB 11

MANAGEMENT KNOWLEDGE

1. Menelaah Peran dari Manajemen Pengetahuan dan Program-Program manajemen Pengetahuan dalam Bisnis
Manajemen pengetahuan adalah serangkaian proses untuk membuat, menyimpan, mentransfer, dan menerapkan pengetahuan dalam organisasi. Perusahaan memerlukan program menajemen pengetahuan telah menjadi aset produktif yang sentral dalam perekonomian di zaman ini, dan merupakan sumber keunggulan kompetitif yang potensial. Manajemen pengetahuan mengedepankan pembelajaran organisasi dengan meningkatkan kemampuan organisasi untuk belajar dari lingkungannya dan untuk memesukkan pengetahuan dalam proses bisnis. Sistem manajemen pengetahuan yang efektif memerlukan modal organisasional dan manajemen untuk meningkatkan budaya dan program pengetahuan untuk menajemen pengetahuan, termasuk dilantiknya seorang direktur pengetahuan ( chief knowledge officer). Ada tiga jenis utama sistem manajemn pengetahuan, yaitu :
• Sistem manajemen pengetahuan keseluruhan perusahaan
• Sistem kerja pengetahuan
• Teknik cerdas

2. Berbagai Jenis Sistem yang Digunakan untuk manjemen Pengetahuan Keseluruhan
Sistem manajemen pengetahuan keseluruahn perusahaan adalah upaya di seluruh perusahaan untuk mengumpulkan, menyimpan, mendistribusikan dan menerapkan data digital dan pengetahuan. Sistem pengetahuan terstruktur menyediakan basis data dan berbagi perangkat untuk mengorganisasikan dan menyimpan pengetahuan semi terstruktur, seperti e-mail atau multimedia. Sistem jaringan pengetahuan menyediakan direktori dan perangkat untuk mencari karyawan perusahaan berkeahlian tertentu yang merupakan sumber daya penting dari pengetahuan tersirat. Sering kali sistem semacam ini menyertakan perangkat kolaborasi kelompok ( termasuk wiki dan social bookmarking ), portal untuk menyerdehanakan akses informasi, perangkat pencarian, dan perangkat klasifikasi informasi berdasarkan sebuah taksonomi yang sesuai dengan organisasinya.

3. Jenis Sistem Kerja Pengetahuan yang Utama dan Menelaah Nilai yang Diberikan bagi Perusahaan
Sistem kerja pengetahuan mendukung penciptaan pengetahuan baru dan integrasinya dengan perusahaan. Sistem ini memerlukan akses yang mudah ke basis pengetahuan eksternal, perangkat keras komputer yang canggih yang dapat mendukung peranti lunak dengan banyak grafik, analisis, manajemen dokumen, dan kemampuan komunikasi dan antarmuka yang ramah pengguna. Kemampuan ini dapat meningkatkan produktivitas para pekerja pengetahuan yang dibayar mahal. Sistem kerja pengetahuan sering kali berjalan di workstation yang disesuaikan dengan fungsinya.

4. Berbagai Keuntungan Bisnis yang Diperoleh dari Penggunaan Teknik-Teknik Cerdas untuk Manajemen Pengetahuan
Kecerdasan buatan tidak memiliki fleksibilitas, keluasan dan keumuman dari kecerdasan manusia, tapi dapat digunakan untuk menangkap, mengodekan, dan memperluas manusia, tapi dapat digunakan untuk menggunakan kecerdasan buatan untuk membantunya menangkap dan menyimpan pengetahuan tersirat unutk menemukan pengetahuan untuk menghasilkan solusi bagi masalah tertentu yang terlalu besar dan kompleks untuk dianalisis oleh manusia dan membantu perusahaan mencari dan menyaring informasi.
Logika fuzzy adalah peranti lunak untuk menyatakan pengetahuan dalam bentuk aturan-aturan yang menggunakan nilai pendekatan atau subjektif. Logika fuzzy telah digunakan untuk mengontrol peralatan fisik dan mulai digunakan untuk aplikasi pengambilan keputusan secara terbatas.
Algoritme genetik mengembangkan solusi untuk masalah tertentu menggunakan proses genetik seperti kecocokan, persilangan , dan mutasi. Algoritme genetik mulai digunakan untuk masalah-masalah yang melibatkan optimalisasi, perancangan produk, dan pemantauan sistem industri, dimana terdapat banyak alternatif atau variabel yang harus dievaluasi untuk menghasilkan solusi yang optimal.
Agen inteligen adalah program peranti lunak dengan basis pengetahuan bawahan atau dipelajari yang melaksanakan tugas tertentu, berulang, dan dapat diprediksi bagi pengguna perorangan, proses bisnis atau aplikasi peranti lunak. Agen inteligen dapat diprogram untuk menelusuri data dalam jumlah besar unutk menemukan informasi yang berguna dan dalam beberapa kasus menindak lanjuti informasi tersebut atas nama pengguna.

1 komentar:

Sarif Husin mengatakan...

salam kenal, bagus postingannya kalau ada waktu mampirdong di blogku