Rabu, 21 Januari 2009

BAB 12

PERENCANAAN SISTEM DAN PERKEMBANGAN

1. Tujuan dari Perencanaan Sistem Informasi dan Perkembangannya agar kita dapat menjelaskan langkah-langkah dalam perencanaan IT, yaitu :
• Dapat menciptakan sebuah perusahaan IT dengan misi perusahaan yang telah terencana.
• Dapat menciptakan Artikulasi visi IT dalam suatu organisasi dengan jelas.
• Menciptakan rencana strategis dan taktis.
• Membuat rencana operasi untuk mencapai visi dan misi.
• Membuat anggaran untuk memastikan bahwa sumber daya tersedia dalam mencapai misi dan visi.
Dengan demikian sebuah perusahaan IT mempunyai misi yang penting untuk beberapa tahun ke depan yaitu komunikasi overarching. Sedangkan visi dari perusahaan IT dapat mengkombinasikan perangkat keras, perangkat lunak dan jaringan guna mendukung jalannya misi perusahaan.

2. Pengembangan Sistem Siklus hidup

Secara tekhnis komponen yang ada dapat dikembangkan dengan alat-alat yang tersedia. Tim juga harus mempertimbangkan organisasi yang memiliki investasi dalam perangkat keras, perangkat lunak, dan peralatan telekomunikasi. Misalnya, jika perusahaan baru membeli ratusan unit komputer tertentu,tidak mungkin manajemen akan menyetujui pembelian komputer lain yang satu model untuk aplikasi baru.

3. Studi Kelayakan Ekonomi
Seperti proyek pembangunan yang baru harus dibenarkan secara ekonomis, sehingga organisasi ekonomi dapat melakukan studi kelayakan. Jika nilai ROI positif, maka sistem ekonomi layak atau biayanya dibenarkan. Jangan sampai sistem yang dikembangkan beberapa tahun tidak mendapat keuntungan kecuali biaya pembangunan.

4. Persyaratan Definisi
Persyaratan sistem adalah fungsi bahwa sistem diharapkan untuk memenuhi fitur-fitur dan dapat melakukan tugasnya. Ketika menentukan analisis sistem yang diusulkan, harus layak untuk perusahaan.

5. Pelaksanaan
Pelaksanaan yang baru, yang disebut juga penyampaian, terdiri dari dua langkah yaitu konversi dan pelatihan. Konversi terjadi bila suatu operasi beralih dari menggunakan sistem yang lama untuk menggunakan sistem baru.

6. Konversi Paralel
Dalam konversi paralel, sistem lama yang digunakan bersama dengan sistem baru yang ditentukan untuk jangka waktu tertentu.

7. Metod Tangkas
Untuk mengatasi tantangan ini, ada metode alternatif yang muncul secara kolektif disebut metode tangkas. Semua metode Tangkas bertujuan Tujuan utama adalah untuk meningkatkan kode-meninjau proses mencari dan pemasangan pemrograman.

8. Proyek Perencanaan Dan Manajemen Alat
Beberapa alat yang meliputi perencanaan dan pengelolaan pembangunan system informasi. Dari IBM Rational Portfolio Manager adalah perangkat lunak yang membantu organisasi saat rencana investasi dalam sistem baru, dan kemudian manajer proyek merencanakan pengiriman.

9. Integrasi System
Integrasi sistem informasi melihat kebutuhan keseluruhan organisasi, atau setidaknya dari divisi utamanya. Perusahaan harus sering bergelut dengan distribusi, lingkungan heterogen diisi dengan aplikasi khusus untuk menjalankan tugas-tugas yang tidak dapat diakses oleh system. Integrasi sistem seringkali lebih menantang daripada sistem pembangunan. Misalnya, manajer pemasaran dapat memiliki banyak informasi untuk pengambilan keputusan jika mereka memiliki akses yang mudah ke akuntansi dan data keuangan mereka sendiri melalui pemasaran IS. Sistem integrators juga harus cukup berpengalaman dalam masalah hardware dan software.

Tidak ada komentar: