BAB 2
E-BASINESS GLOBAL :
BAGAIMANA BISNIS MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI
INTI DARI PEMBAHASAN PADA BAB 2 YAITU :
- Penjelasan dan Gambaran Proses Bisnis dan Hubungannya dengan Sistem Informasi
Proses Bisnis adalah seperangkat aktivitas yang berhubungan secara logis yang menjelaskan baaimana tugas bisnis tertentu dilaksanakan, dan bisnis dapat dipandang sebagai sekumpulan proses bisnis. Proses bisnis adalah aliran kerja yang konkret dari bahan
- Jenis System Informasi Yang Mendukung Fungsi Bisnis Utama, yaitu :
- Penjualan dan Pemasaran
- Manufaktur dan Produksi
- Keuangan dan Akuntasi
- Sumber Daya Manusia
Pada setiap tingkatan organisasi, system informasi mendukung area fungsional utama dari bisnis. System penjualan dan pemasaran membantu perusahaan mengindentifikasi pelanggan produk dan jasa perusahaan, mengembangkan produk dan jasa untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, mempromosikan produk dan jasa, menjual produk dan jasa, dan memberikan dukungan pelanggan ynag berkelanjutan. System manufaktur dan produksi berhubungan dengan perencanaan, pemgembangan, dan produksi barang dan jasa, dan mengendalikan aliaran produksi. System keuangan dan akuntai menjaga data aset keuangan dan aliran dan perusahaan. System SDM menjaga catata karyawan, menelusuri kemampuan karyawan, kinerja, dan pelatihan, serta mendukung perencanaan kompensasi dan pengembangan karier karyawan.
- Mengevaluasi Peran yang Dimainkan oleh Sistem yang Melayani Berbagai Tingkatan Manajemen pada Bisnis dan Hubungannya Satu Sama Lain.
ESS mendukung manajemen senior dengan memberikan data kepentingan terbesar pada pembuat keputusan manajemen senior, sering kali dalam bentuk grafik maupun diagram yang di kirimkan melalui portal. ESS memiliki kemampuan analitis yang terbatas namun dapat menggunakan peranti lunak grafik canggih dan berbagai sumber informasi eksternal dan internal.
- Bagaimana Aplikasi Perusahaan Dan Internet Mempromosikan Integrasi Proses Bisnis Dan Meningkatkan Kinerja Organisasional.
Aplikasi perusahaan, seperti system perusahaan, system manajemen rantai pasokan, system manajemen hubungan pelanggan, dan system menajemen pengetahuan, didesain untuk menunjang koordinasi dan intregrasi proses keseluruhan organisasi sehingga organisasi dapat beroperasi secara efisien. Aplikasi ini mencakup berbagai fungsi dan proses bisnis dan bisa terkait dengn proses bisnis organisasi lain. System perusahaan mengintegrasikan proses bisnis internal perusahaan ke dalam sebuah system peranti lunak seningga informasi bisa mengalir di sepanjang organisasi, meningkatkan koordinasi , efesiensi dan pembuatan keputusan. System menajemen rantai pasokan membantu perusahaan mengelola hibungannya dengan pemasok untuk mengoptimalkan perencanaan, pengasaan, produksi, dan pengiriman barang dan jasa. Manajemen hubungan pelanggan menggunakan system informasi untuk mengkoordinasikan semua proses bisnis di sekitar interaksi perusahaan dengan pelanggannya untuk mengoptimalkan pendapatan perusahaan dan kepuasan pelanggan. System manajemen pengetahuan membuat perusahaan dapat mengoptimalkan penciptaan, pembagian, dan distribusi pengetahuan untuk meningkatkan proses bisnis dan keputusan manajemen.
- Menilai Peran fungsi Sistem Informasi pada Bisnis
Departemen system informasi adalah unit organisasi formal yang bertanggung jawab atas layanan teknologi informasi. Departen sitem informasi bertanggung jawab memelihara piranti keras, piranti lunak, penimpan data, dan jaringan yang mencakup insfrastruktur TI perusahaan. Manjemen system informasi, dan sering dikepalai oleh CIO.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar