Senin, 05 Januari 2009

TUGAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

BAB 2

E-BASINESS GLOBAL :

BAGAIMANA BISNIS MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI

INTI DARI PEMBAHASAN PADA BAB 2 YAITU :

  • Penjelasan dan Gambaran Proses Bisnis dan Hubungannya dengan Sistem Informasi

Proses Bisnis adalah seperangkat aktivitas yang berhubungan secara logis yang menjelaskan baaimana tugas bisnis tertentu dilaksanakan, dan bisnis dapat dipandang sebagai sekumpulan proses bisnis. Proses bisnis adalah aliran kerja yang konkret dari bahan baku, informasi, dan pengetahuan. Proses ini juga menunjukan cara yang unik di mana perusahaan mengkoordinasi pekerjaan. Para manajer perlu memerhatikan proses bisnis karena mereka menentukan seberapa baik perusahaan dapat menjalankan bisnisnya, sehingga menjadi sumber yang potensial dari keberhasilan atau kegagalan strategi. Meskipun setiap fungsi bisnis utama memiliki serangkaian proses bisnisnya sendiri, banyak proses bisnis lainnya mencapai efisiensi yang besar dengan mengotomatiskan bagian dari proses ini atau dengan membantu mendesain ulang dan mempersingkat proses tersebut.

  • Jenis System Informasi Yang Mendukung Fungsi Bisnis Utama, yaitu :
    1. Penjualan dan Pemasaran
    2. Manufaktur dan Produksi
    3. Keuangan dan Akuntasi
    4. Sumber Daya Manusia

Pada setiap tingkatan organisasi, system informasi mendukung area fungsional utama dari bisnis. System penjualan dan pemasaran membantu perusahaan mengindentifikasi pelanggan produk dan jasa perusahaan, mengembangkan produk dan jasa untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, mempromosikan produk dan jasa, menjual produk dan jasa, dan memberikan dukungan pelanggan ynag berkelanjutan. System manufaktur dan produksi berhubungan dengan perencanaan, pemgembangan, dan produksi barang dan jasa, dan mengendalikan aliaran produksi. System keuangan dan akuntai menjaga data aset keuangan dan aliran dan perusahaan. System SDM menjaga catata karyawan, menelusuri kemampuan karyawan, kinerja, dan pelatihan, serta mendukung perencanaan kompensasi dan pengembangan karier karyawan.

  • Mengevaluasi Peran yang Dimainkan oleh Sistem yang Melayani Berbagai Tingkatan Manajemen pada Bisnis dan Hubungannya Satu Sama Lain.

Ada empat jenisutama system informasi dalam organisasi kontemporer yang melayani manajemen operasi, menengah, senior. System yang melayani manajemen operasi antara lain system pemrosesan transaksi (TPS), seperti system penggajian dan pemesanan yang melacak aliaran transaki ruti harian yang diperlukan untuk menjalankan bisnis. SIM dan DSS memberikan laporan dan akses ke kinerja perusahaan saat ini dan catatan histories pada perusahaan. Kebanyakan laporan SIM memadatkan informasi dari TPS dan tidak benar-benar bersifat analitis. DSS mendukung keputusan manajemen ketika keputusan ini unik, berubah dengan cepat, dan tidak dapat dispesifikasikan dengan mudah sebelumnya. DSS memiliki model analitis dan kemampuan analisis data yang lebih maju dari pada SIM dan sering kali menggunakan informasi dari sumber eksternal dan internal.

ESS mendukung manajemen senior dengan memberikan data kepentingan terbesar pada pembuat keputusan manajemen senior, sering kali dalam bentuk grafik maupun diagram yang di kirimkan melalui portal. ESS memiliki kemampuan analitis yang terbatas namun dapat menggunakan peranti lunak grafik canggih dan berbagai sumber informasi eksternal dan internal.

  • Bagaimana Aplikasi Perusahaan Dan Internet Mempromosikan Integrasi Proses Bisnis Dan Meningkatkan Kinerja Organisasional.

Aplikasi perusahaan, seperti system perusahaan, system manajemen rantai pasokan, system manajemen hubungan pelanggan, dan system menajemen pengetahuan, didesain untuk menunjang koordinasi dan intregrasi proses keseluruhan organisasi sehingga organisasi dapat beroperasi secara efisien. Aplikasi ini mencakup berbagai fungsi dan proses bisnis dan bisa terkait dengn proses bisnis organisasi lain. System perusahaan mengintegrasikan proses bisnis internal perusahaan ke dalam sebuah system peranti lunak seningga informasi bisa mengalir di sepanjang organisasi, meningkatkan koordinasi , efesiensi dan pembuatan keputusan. System menajemen rantai pasokan membantu perusahaan mengelola hibungannya dengan pemasok untuk mengoptimalkan perencanaan, pengasaan, produksi, dan pengiriman barang dan jasa. Manajemen hubungan pelanggan menggunakan system informasi untuk mengkoordinasikan semua proses bisnis di sekitar interaksi perusahaan dengan pelanggannya untuk mengoptimalkan pendapatan perusahaan dan kepuasan pelanggan. System manajemen pengetahuan membuat perusahaan dapat mengoptimalkan penciptaan, pembagian, dan distribusi pengetahuan untuk meningkatkan proses bisnis dan keputusan manajemen.

  • Menilai Peran fungsi Sistem Informasi pada Bisnis

Departemen system informasi adalah unit organisasi formal yang bertanggung jawab atas layanan teknologi informasi. Departen sitem informasi bertanggung jawab memelihara piranti keras, piranti lunak, penimpan data, dan jaringan yang mencakup insfrastruktur TI perusahaan. Manjemen system informasi, dan sering dikepalai oleh CIO.

Ada cara alternative untuk mengorganisasikan fungsi TI dalam perusahaan. Perusahaan yang kecil tidak akan mempunyai kelompok system informasi formal. Perusahaan yang lebih besar akan memiliki departemen system informasi yang terpisah yang dapat diorganisasikan bersama beberapa lini yang berbeda, tergantung pada sifat dan kepentingan perusahaan. Setiap area fungsional dalam bisnis bisa memilili departemen system informasinya sendiri, yang diawali oleh CIO perusahaan. Fungsi system informasi bekerja sebagai departemen terpisah seperti departemen fungsional lainnya. Pengaturan ketiga yang ditemulan pada persahaan yang besar dengan banyak divisi dan lini produk adalah meminta departemen system informasiunutk setiap divisi melaporkan pada kelompok system informasi tingkat tinggi dan CIO.

Tidak ada komentar: